Minggu, 16 Juni 2013

Kasus Pribadi Operant Conditioning PUM 2



    Berdasarkan materi kuliah Teori Belajar Modeling yang telah dipelajari, saya berusaha mengembalikan materi atau pembahasan tersebut kepada kehidupan sehari – hari saya. Dan semoga kasus saya ini memang berkaitan dengan materi kuliah yang ada.
   Kasus pribadi yang saya alami adalah saat saya mencoba belajar naik motor. Saya tertarik untuk dapat mengendarai motor karena setiap hari melihat ayah saya mengendarainya. Ketika saya meminta untuk diajari oleh ayah saya, saya memperhatikannya dengan seksama. Namun, saya dari penjelasan itu saya kurang paham. Namun, karena telah dikenalkan benda-benda yang harus digunakan, sayan jadi lebih mengetahui apa yang harus saya perbuat.
   Kemudian saya mencoba melihat dan memperhatikan cara mengendarai motor yang baik oleh ayah saya. Saya melihatnya itu mudah, kemudian saya meminta kepada ayah saya untuk dapat mencobanya. Meski ternyata ada sedikit kesusahan, namun berkat peniruan yang saya lakukan, saya jauh lebih paham dalam mengendarai motor tersebut. Ayah saya juga memberikan saya motivasi sebagai penguat agar pola belajar saya terus diperbaiki. Saya dijanjikan boleh membawa motor ke sekolah, jika saya bisa mengendarai motor dengan sebaik mungkin dan mengetahui aturan – aturan dalam berkendara.
   Kasus yang saya alami tersebut, saya pikir merupakan salah satu contoh atau kasus yang ada pada konsep belajar modeling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar